Sales and Distribution modul merupakan salah satu modul dalam area logistic. Modul ini berguna untuk membantu perusahaan dalam melakukan transaksi dengan pelanggannya.
Menu-menu modul SD pada Menu Standar SAP adalah pada area Logistics – Sales and Distributions. Pada menu ini terdapat Master Data, Sales Support, Sales, Shipping and Transportation, Billing, Credit Management, Foreign Trade/Customs dan Sales Information system.
Modul Sales dan Distribution ini sangat berhubungan dengan Modul Project Management dan Material Management. Pada modul ini dapat dibuat penawaran pada pelanggan, input sales order hingga pembuatan tagihan.
Demikian juga kontrol terhadap harga jual ada pada modul ini.
Dengan transaksi yang diinput pada modul ini, perusahaan dapat memonitor penjualan pada pelanggan, memperlihatkan forecast kedepan.
Yang penting dari modul Sales dan Distribution ini adalah :
- Pricing
- Availability Check
- Credit Management
- Material Determination
- Output Determination
- Text Processing
- Tax Determination
- Account Determination
Jumat, 11 September 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
nyssa, gw nanya yaa..
BalasHapusperusahaan seperti apa sih yang perlu pake ERP sales and distribution? pernah g, suatu perusahaan mengalami kerugian justru gara-gara menerapkan ERP sales and distribution? klo gak jelaskan, klo iya kenapa...
makasih ^.^
Pada artikel diatas disebutkan, bahwa sales and distribution berhubungan erat dengan project management.
BalasHapustolong jelaskan bagaimana kedua modul ini saling berkaitan?
@ Sinta: menurut saya seperti perusahaan manufaktur akan memberikan efisiensi dan keuntungan.
BalasHapusbisa dikatakan tidak, karena Konsep utama dari Sales & Marketing adalah: Mencari prospek, kunsumer, membangun hubungan yang erat dan mempertahankan consumer, dengan satu goal (tujuan) untuk meningkatkan penjualan.
tapi pelaku sales dan marketing menemukan dirinya pada satu masalah.
Semakin banyak tuntutan dari konsumer,Terfokus pada pendekatan lebih pada marketing dan selling
Keadaan ekonomi memaksakan pelaku bisnis untuk menekan biaya.
@agung : Project management (PM) adalah bagian dari proses logistik di dalam suatu tools ERP.
BalasHapussebenernya menurut saya PM berhubungan yg umum dgn semua modul.atau bisa disebut dy yg merencanakan semuany..
dari beberapa submodul Sales & distribution, sub modul mana yang memiliki peranan paling penting dalam kegiatan Sales & Distribution? Jelasin ya...
BalasHapussales order processing yg pling penting..tapi pada dasarnya semuanya saling berkaitan soalnya inti kegiatannya disitu ...
BalasHapus